Wednesday, October 30, 2013

Waspada penipuan melalui Facebook oleh sindikat internasional

International? Mungkin terkesan gayaa yah kalo ada embel-embel international. Tapi gak jadi gaya lagi kalau case nya adalah fraud! Alias penipuan! Hiks * meratapi nasib.
Aku share ni cerita pahit, buat pelajaran kita semua. Supaya temen-temen juga tidak jatuh di lubang yang sama. Biar kapok tuh penipu nggak dapet omset. 

Alkisah, inilah musibah yang menimpa kakak perempuan saya. Dia mengenal seorang bule INggris via facebook, yang ngajak temenan bla bla bla. Nah, sebagai pelajaran "do not ever believe in strangers you meet tru this kinda social media!" Trust me, it will ruin your life. Ya emang ga selamanya ruin your life sih, beberapa teman saya bahkan menemukan jodoh hidupnya via sosmed ini. Ya gimana pinter-pinternya kita sih menyaring. Untuk amannya ya mending never believe in stranger! That's it.  

Cobaan ini dimulai dari pertemanan kakak dengan seorang yang ngakunya bule INggris di sekitaran bulan Agustus 2013, dia seorang marine engineer yang tajir mampus (ngakunya). Kakak meminta bantuan aku dan mas buat balesin message di inbox fb nya (pake english). AKu uda nyeletuk, ngapain mbalesin orang asing iseng. Nah, tapi fakta berkata lain. Kakak ternyata keep contact dengan tuh bule. Menjawab message di inbox dengan bantuannya teman kerjanya (yang sebenarnya bahasa temennya berantakan) dan hasilnya kakak jadi terkesan "ngarep". Critanya ni, si bule ngakunya lagi nyari istri yang baik hati, keibuan, setia, bla bla bla. Manis banget deh kata-katanya. Sampe lebayyy. Jadi makin aneh sih menurutku. Di satu kesempatan dia bilang mo nikahin kakak. Lah??? Padahal uda dikasi tau kalau kakak uda nikah, uda punya anak lagi. Okay, akhirnya dia waras, si bule bilang okay temenan aja. 

Di messages berikutnya, si bule ngelantur lagi, dia bilang mo k Indonesia mo nikahin kakak. Hellooo? Gak konsisten amat yaaa? Mulai tercium yang aneh-aneh sih. Emang sedari awal aku kan uda males banget nih ngurusin stranger begini. Mending stay away ga usah aneh-aneh. Tapi ya di sisi laen aku sama mas maklum sama kakak, dia seneng punya temen baru, bule pula. Sayangnya aku cuman curiga, tanpa aksi :'(

Well, pertemanan berlanjut. Hingga puncaknya mas meminta bantuanku untuk membalas message di inbox fb kakak, pertengahan Oktober 2013. Si bule bilang kalau dia ingin memberikan sesuatu untuk kakak, teman terbaiknya. Isinya adalah cincin berlian, jam mewah, tas mewah, bunga mawar, duit 20.000 poundsterling dan lain-lain. Bayangin aja, duit segitu bok! Bisa dikonversiin jadi ratusan juta! Aneh kan? Tapi kita polos banget sampe percaya. Si bule memaksa untuk mengirimkan paket itu, dan dia mulai ngelantur lagi, bilang kalau mau menikahi kakak. WHaatt? Seharusnya aku curiga, kenapa dia ga konsisten dan suka ngelantur. Sayangnya aku curiga ketika sudah terjadi musibah itu. Pastinya dia nggak konsisten karena si bule sedang "mengerjai" banyak orang. Sampe dia bingung ini korban yang mana. Hadeeeeh.

So, mulai dari paket ini, musibah mendekat. Si bule bilang paketnya sudah dia kirim dan akan sampai di tempat kerja kakak sekitar 3 hari lagi. Agaiin! Super aneh sebenernya. Gimana bisa ya 3 hari lintas negara. Sayang telaat nyadarnya! Hiks
Kami malah bingung bagaimana cara mengembalikan paketnya ke dia karena emang kakak tidak mau menerima barang apa pun dari si bule. 

Tepat 3 hari kemudian, kakak mendapat telepon dari yang mengaku agen cargo dari paket si bule. Cargo tersebut berlokasi di Ubud, Bali. Dan yaaah sudah bisa ditebak, dia minta duit buat bayar custom atau pajak bea masuk. Kakak meminjam uang mas 10 juta untuk ditransfer. Dan apesnya, mas tanpa pikir panjang langsung mentransfer uang itu. OH my god! Aku shock berat saat mas bilang dia sudah transfer! Aku kaget karena tidak menyangka ini terjadiiii! Mas baru menyadari kesalahannya setelah uang sudah masuk ke rekening penipu. Bagaimana tidak, seolah dihipnotis, mas mau saja mentransfer duit tabungannya ke rekening penipu. Bayangkan saja, kalau memang kargo beneran, harusnya rekeningnya atas nama company dong. Nah ini, rekeningnya atas nama pribadi. Belum lagi, nomor yang menghubungi kakak yang mengaku sebagai kordinator pengiriman paket si bule itu penggunakan nomor ponsel, bukan nomor kantor. Serba aneh kan? Kontan aku shock dan meminta kakak dan mas mengikhlaskan uang itu. Kemungkinan besar penipuan!

Masih berharap bahwa paketnya riil, keesokan harinya kakak menerima sms lagi dari Lisa, ngakunya sebagai agen cargo Anugerah Lintas Buana cabang Ubud Bali. Dia meminta tambahan uang 16.500 dollar untuk insurance fee atas uang poundsterling yang ada di paket. What the xxxx. Kejengkelanku memuncak. Aku khawatir mas akan mentransfer uang lagi. Aku meminta mas untuk stay away dari case ini dan biarkan aku yang menjawab message si bule yang terus mengemis meminta kami mentransfer insurance fee yang sebesar 16.500 dollar. AKhirnya si bule meneleponku, karena kakak tidak berbicara bahasa Inggris. Nomor yang masuk memang kode UK, United Kingdom, +44 7516389146. Aku masih terheran-heran bagaimana si bule rela telepon jauh-jauh. HOw stupid. Aku dengar suaranya, pembicaraannya. Sebagai penikmat film-film bule. Aku bisa bilang kalau logat si bule aneh, tidak ada aksen British. Yang ada malah logat negara di Asia Selatan (beberapa rekan kerjaku  berasal dari Asia Selatan). Entah apa feelingku benar, yang jelas aku yakin dia bukan orang UK. 

Dari situ, aku mulai menelusuri jejak si penipu, mencari bukti riil bahwa mereka memang penipu, walaupun di sisi lain, aku sangat berharaaaappp bahwa instingku salah dan paket itu bener-bener nyata *menangis lagi. 

Taraaaa, dari tracking aku menemukan semua bukti-bukti bahwa ini memang penipuan. Nomor ponsel yang menepon kakak (agen cargo) terdaftar sebagai nomor Jakarta, baca: bukan Bali. Nama cargo "Anugerah lintas Buana" lokasi Ubud Bali juga fiktif. Aku coba beberapa kali menelepon ke cabang-cabang kantor Anugerah Lintas Buana Bali tapi tidak ada satu pun yang mengangkat telepon, aku tidak tau apakah semua cabang fiktif atau hanya yang di Ubud yang pasti fiktif. Selanjutnya, aku tracking nomor si Bule yang sempat meneleponku. Ternyata benar, nomor yang diawali +4475 adalah scam numbers. Dan bukan berasal dari UK. Ini source saya. Mungkin penipu akan menggunakan nomor-nomor yang lain seperti +4474, +4475 +4476, +4477, +4478, +4479 atau +4470 (Tambahan informasi dari pembaca). Becareful guys!

Selanjutnya aku penasaran dengan website tempat saya tracking paket kakak. Bayangkan saja, mereka juga provide website untuk pengiriman. Inilah kemarin yang bener-bener berhasil men distract kami. LUmayan percaya karena ada tracking code. Nama shipping company adalah Worldlink COurier Service. Dan you know huh? Ini fiktif!!!

Oh my god. Shock banget to the max! Bener-bener fiktif. Aku nemu contekan di internet, semua dari web luar, apakah kami korban pertama di INdonesia? hiks
Jadi courier ini adalah palsu. Website yang digunakan adalah scam. DIa hanya bertahan beberapa hari. Dan setelah itu akan expired. Saya lupa alamat website untuk track scam web. Tapi mungkin bisa dicoba yang ini.

Saat dibuka terlihat bahwa lokasi scam ada di sekitaran Malaysia. Dan kebetulan, setelah di track dari bank accont penipu (dia pakai Danamon), uang 10 juta punya mas itu sudah diambil di Malaysia menggunakan mastercard, dan pemilik account adalah orang Gunung Kidul. Benar-benar luar biasa. Jaringan kuat dan memang go international (artist kalee). Brrrrr.

Sekian share dari saya, semoga membantu calon korban untuk tidak menjadi korban.
Salam hangat terdasyat dari bumi Indonesia.
Mau kerja lagii ahhh, mengais rejeki lagi balikin modal yang diambil penipu

Huffttt,

42 comments:

  1. Info ini benar-benar berguna karena salah satu anggota keluargaku sedang mengalami kejadian yang hampir mirip seperti itu. Terima kasih banyak untuk infonya

    ReplyDelete
  2. @lulu Alhamdulillah bila berguna. Jangan sampai ikut terjebak ya.

    ReplyDelete
  3. trimaa kasih banget atas sharingnya, aku jg ngalamin hal yg sama. tp aku dah curiga pas dia telp aku tp logatnya ga british blas hahahaha.... alhamdulillah aku msh dilindungi, dulu prnh jd dosen english for technic di salah satu univ swasta di solo, n ketemu many people from other countries... n suka film barat jg.. (banget). ..n aku jg diimingi hadiah sm dia, mau ditransfer, tp aku suruh bayar, no way... 8 juta booo... aku ga mau dong... sampe sekarang aku msh kontak lho via fb... n dia dgn pede nya..msh minta aku transfer... gile bule... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sangat membantu,untuk tidak terlena bujuk rayu penipu....

      Delete
    3. Sangat membantu,untuk tidak terlena bujuk rayu penipu....

      Delete
  4. Nah barusan jg brteman dr org scothis n kasi no telp +4475 tp blm ada ap2 msi sbatas temaan ngobrol saja tdak aad mengarah kmn2...btw jd parno nih dgn tmn bru saya dr FB asal dr elgin moray 😭😭😭

    ReplyDelete
  5. Thanks info nya,
    Saya pernah mengalami seperti ini yang mengaku seorang owner marine dr UK dan mengirim kado ke saya tapi untung nya saya tidak mengirim uang apapun karena logika saya tidak menerimanya.

    ReplyDelete
  6. Tks infonya... biar tetep waspada... Kalo mo kasih barang kenapa minta biaya ongkir... gak lucu

    ReplyDelete
  7. @lennywahyanti Bukan ongkir mbak tapi pajak barang kiriman luar negeri. Tiap ada brg masuk Indonesia, kalau nilainya lebih dari 50 dollar kena pajak. Semakin mahal barangnya ya makin mahal pajaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa euy... temen saya jg kmrn dpt kiriman laptop dkk...total cukainya 7,28 jt... katanya hrs dibyr di kantor medan, krn paket jatuh di medan...lhah..apa2an ini.... trus disuruh balikin itu paket sama temenku... tiap kali disuruh share lokasi selalu gak mau, pdl mau dicek pake Google map

      Delete
    2. Gmn caranya sii biar tau itu scam number or not? Si bule sempet jg tlp pake kode NY krn ktnya br pergi ke NY... tp aq pernah bc kl pake Skype jg bs mengubah nomor tlp

      Delete
  8. mas tolong bantu lacak orang davis grenne
    https://www.facebook.com/deni.rusmana.3994

    ReplyDelete
  9. Btw... no tlp si bule sdh gak bisa dihubungi? Kl temenku itu si bule masih bs dihubungi dan merasa tidak melakukan kesalahan krn sdh membayar biaya ongkir sampai ke indonesia n kl ada cukai sebesar itu dia tdk tau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lennywahyanti Menurut saya sih tetap waspada mbk. Jangan sampai keluar sepeser pun.

      Delete
    2. Mbak, tny dong... aq sdh buka scam number tuuh.. yg link di atas.. trus ada angka2 sama lambang yg warna merah tuu... itu nunjukin apa ya.. aq penasaran aja nii.. segitu preparenya mereka bikin lotre iseng-iseng berhadiah ini

      Delete
  10. Wah saya juga ni..ini modusnya beda..
    Ini curhatan dia
    Nama FBnya leila rohani

    Sebelumya saya Perkenalkan diri Saya dulu ya, saya dengan Leila Rohani. saya tinggal dan menikah dengan warga Inggris namun suami saya sudah meninggal.
    saat ini saya tinggal dengan istri pertama dari suami saya. sebelum saya menikah saya adalah sebatangkara.

    saya adalah korban tsunami aceh 2004. saya kehilangan semua sanak saudara saya itu alasannya saya mau mengikut suami saya ke Inggris. namun, saat ini saya sangat menderita dengan perlakuan
    istri pertama alm suami saya. saya ingin memutuskan kembali ke Indonesia.

    Namun masih terhalang karena saya tidak mau dituduh meninggalkan suami saya setelah beliau meninggal dunia.
    namun, sebelum beliau meninggal, karena beliau tau betapa saya menjaganya. beliau meninggalkan warisan yang tidak diketahui oleh istri pertama alm suamiku.

    Dalam hal ini, saya ingin meminta bantuan anda untuk membantu saya dalam menyimpan uang ini dan menjaganya sampai saya tiba di Indonesia. insya allah, saya akan memberikan 30% dari total uang itu. Total uang tersebut adalah 5,2 Juta USD.
    saya berharap anda bisa membantu saya sebagai saudara setanah air.
    terimakasih dan wassalam.

    +447452285492 ,+447031870958
    Itu nomor yg digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh...saya juga modus yang sama ni tapi namanya sudah beda..nggak pakai Leila Rohani tapi Endah Suharti...tx buat infonya....

      Delete
    2. Terima kasih atas sharingnya Mas Joevan

      Delete
  11. Alhamdulillah ! Aku hampir saja terjebak ke dalam lobang seperti ini, mungkin langkah selanjutnya adalah minta ditransferi sejumlah uang

    ReplyDelete
  12. Ru dapet ini temen +4475
    Btw semua nmr depan itu scam kah

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Saya dulu pernah jg diajak kenalan sama bule yg cari istri (mirip cerita diatas) tapi saya bilang sudah menikah dan dia bilang ingin berteman dan ingin mengunjungi saya. Dia minta bantuan dia ingin investasi di Meulaboh, investasi minyak. Dari sini saya sudah curiga, masak investasi bidang perminyakan? Minta tokoh secara personal lg, gak masuk akal aja menurut saya selanjutnya saya mengacuhkan setiap massegenya yg masuk.

    ReplyDelete
  15. Saya baru dua minggu ini kenal seseorang mengaku dr UK dengan no +4474... termasuk yg harus di waspadaikah? Tq infonya

    ReplyDelete
  16. Waduh sama dengan aq ya ...di anterin bag cantik ....waktu dimintain duit pembayaran onkir mati2an gak ku kasih..ongkir bisa beli 100 bag lho...jadi bag itu ku kasih aja ke agen pengirimnya ...makan tu bag i love my money...

    ReplyDelete
  17. Saya br aja punya teman nih via fb. Dia punya nama Abdul Nasser Gregory, tinggal di UK asal Dubai. Dia ngasih no ini +44792...kira2 nipu gk ya. Tp smpe skrg blm ada hal2 mencurigakan br tmn biasa.

    ReplyDelete
  18. Wow pengalaman yg luar biasa ..saya saat ini sedang pdkt dengan bule UK dia tampan n ganteng abis guys !siapa yg gak bakalan kepincut sama bule kaya gitu?!pasti semua orang bakalan kepincut...awal chating dia bilang suka ama saya krn liat pp saya lanjut tukeran no wassap dan berlanjutlah komunikasi via wassap ..katanya dia kerja as a manager disebuah perusahaan didaerahnya jadi klo reply my msg agak lama jarak waktunya misalkan:sy msg pagi dubalas siang atau 3jam kemudian artinya komunikasi ini mandeg2 an ..tp sejauh ini blm ada esnsi kearah penipuan (blm kali yaaaa???) Dan dia bicaranya sangat singkat walaupun saya udah bilang saya pake aplikasi google translet supaya klopun dia ngomong panjang lebar aku bisa ngerti ..tp tetep aja jawabannya singkat ..like word:had your dinner? Or you are my beatufull queen or you are my angel baby dan bla bla bla ..kata dia alasannya sibuk klo harus panjang2 kata dan dia akan mengungkapkan semua perasaan dia jika saya datang kenegara dia ...hahahha ..lucu jg baru kenal udah bilang i love u dll ..bikin kita GR aja ..tp sejauh ini blm ada indikasi mau minta duit sich ..tp walaupun dia nantinya kearah sana...hoho ..no no no ..sekian komen dari saya ..oh iya nonya pun kayanya sama +44 75xxxxx

    ReplyDelete
  19. Saya juga baru beberapa minggu kenalan dengan pria asal UK namanya Addison Bowen seorang yg bekerja di marine company. Awalnya dia add saya di fb terus nyapa saya, singkat cerita kami kenalan. Dia bilang kalo hanya saya temannya dari Indonesia tetapi ketika saya cek teman fb nya, rata - rata semua dari Indonesia. Terus dia minta nomor WA saya, saya kasih dan akhirnya kami chattingan. Saya emank agak curiga sama dia krn fotonya di fb cuma dua, dan ketika saya minta dia kirimin foto yg lain selalu nolak. Meskipun begitu dia selalu ngirimin saya pesan yg bagus seperti "please, take good care for me, don't work too hard, God bless you and family, bla bla bla.." saya hanya jawab thank you. Akhirnya dia minta alamat, nomor telepon dan nama lengkap biar dia kirimin special gift katanya. Saya menolak krn tak percaya. Setelah beberapa hari saya cek fb nya sudah tdk aktif lagi. Setelah baca artikel ini, saya benar - benar yakin kalau dia emank penipu 😁

    ReplyDelete
  20. Makasih banyak atas infonya dr tmn2 semua, mungkin ini sebagai pelajaran untuk kita agar gak mudah percaya 'n gak usah terlalu berharap sama janji2 manis yg ngaku nya bule karna sy juga mengalami nya...rata2 bule2 itu begitu chat langsung bilang cinta, kalo di fikir2 mana mungkin org yg blm kenal sm sekali bs bilang cinta, jaman sekarang mana ada sih org mu kasih gift special cuma2 gt ajah apalagi ke org yg baru di kenal, mending kt jalanin kehidupan yg real ajah drpd ngeladenin org yg g jelas..so, be smart guys 😁😁

    ReplyDelete
  21. Sharing aja, saatt ini juga saya lagi di gombalin sama bule yang ngaku dari London. Udh sempet kasih info alamat karna katanya mau kirim hadiah ke saya. Dan dia juga foto barang" apa saja yang akan dikirim. Barangnya mewah" banget jadi mulai curiga. Setelah saya searching via google ternyata ada modus penipuan kayak gini. Langsung saya blokir nomornya via WA. Dan klo sampe nnti ada yg telp ngaku dari kurir saya tidak tertipu.

    ReplyDelete
  22. Klo +44 7522 13xxxx scam atau tidak yha..?

    ReplyDelete
  23. Katanya profesi ophthalmologist

    ReplyDelete
  24. Terima kasih infonya..sangat membantu..saya juga kemarin dapet temen baru d fb..trus dia minta no wa saya...pembicaraan kami belum banyak karena memang baru 1 hari kenalan yg katanya mau mencari teman d indonesia..tapi saya cek kode area no tlp yg tertera d wa 4477..yg katanya sering digunakan un penipuan...jadi ya..langsung saya blokir fb dan wanya..alhamdulillah insyaallah saya terhindar dr modus penipuan d dunia maya

    ReplyDelete
  25. Terima kasih infonya..sangat membantu..saya juga kemarin dapet temen baru d fb..trus dia minta no wa saya...pembicaraan kami belum banyak karena memang baru 1 hari kenalan yg katanya mau mencari teman d indonesia..tapi saya cek kode area no tlp yg tertera d wa 4477..yg katanya sering digunakan un penipuan...jadi ya..langsung saya blokir fb dan wanya..alhamdulillah insyaallah saya terhindar dr modus penipuan d dunia maya

    ReplyDelete
  26. Terima kasih infonya..sangat membantu..saya juga kemarin dapet temen baru d fb..trus dia minta no wa saya...pembicaraan kami belum banyak karena memang baru 1 hari kenalan yg katanya mau mencari teman d indonesia..tapi saya cek kode area no tlp yg tertera d wa 4477..yg katanya sering digunakan un penipuan...jadi ya..langsung saya blokir fb dan wanya..alhamdulillah insyaallah saya terhindar dr modus penipuan d dunia maya

    ReplyDelete
  27. Terima kasih infonya..sangat membantu..saya juga kemarin dapet temen baru d fb..trus dia minta no wa saya...pembicaraan kami belum banyak karena memang baru 1 hari kenalan yg katanya mau mencari teman d indonesia..tapi saya cek kode area no tlp yg tertera d wa 4477..yg katanya sering digunakan un penipuan...jadi ya..langsung saya blokir fb dan wanya..alhamdulillah insyaallah saya terhindar dr modus penipuan d dunia maya

    ReplyDelete
  28. Wah sekadar sharing juga. Ni ad kenalan bule katanya tgl di london asal norwey di oslo. Tp di accountnya dia di parakou benin. Dia mnt no whatsapp jd saya kasi deh. Saya liat no nya +447424957713
    Baru brp hari chat tiba2 si bule blg bsk cousinny Ultah jd dia mau belanja kado sklian mau beliin aku pas pagi gt katanya. Terus soreny dia blg ud beliin aku kado bnyk bngt sampe krm foto segala. Trs dia mnt alamatku sama no hp. Aku da nolak trs kublg baek bngt baru kenal ngasih2 gt. Tp dia maksa bngt sampe blg i love u2 Segala. Terakhr kuksh deh no hp sama nama panggilan aja. Terakhr kksh alamat kantor aja. Apa g masalah kah itu? Takut kenapa2 gt. Ters aku cr2 diinternet soal penipuan eh ternyata bnr ni si bule penipu. Aku baca di google katanya cowok kbnykn penipuan dr afrika barat. Nah parakou itu kebtln di Africa barat. Jd makin yakin ni penipu. Aplg katanya kerjanya civil engineer terus ktnya mau ke indo juga buat ketemu aku 😅.
    Tp mslhnya aku ud terlanjur kasi alamat. Apakah g masalah?

    ReplyDelete