Wednesday, August 17, 2016

Resep saus Lada Hitam / Blackpepper anti gagal

Tidak terasa sudah lama banget tidak menulis di blog ini. Sebenarnya sih banyak yang ingin ditulis selama ini. Hanya susah sekali mengumpulkan niat untuk memulai. hehe
Post kali ini tujuannya sebagai pengingat supaya tidak bingung lagi mencari resep yang pas. 


Saya dan suami bukan tipe orang yang suka sayur. Saya, kurang suka masakan yang banyak bumbu, jadi sayur yang selain sayur tumis-tumisan sudah pasti keluar dari daftar makanan yang bisa saya makan. Akhir-akhir ini saya mulai sadar bahwa sayuran itu penting banget. Untuk variasi selain sayuran tumis, sop atau sayur bening, saya gunakan saus blackpepper ini untuk makan sayuran seperti wortel, brokoli, buncis, etc, jangan lupa direbus dulu sebentar sayurnya. Kemudian sayurnya dicocol-cocolin ke sausnya seperti saat makan steak *grin*. Alhamdulillah bisa makan banyak sayur dengan cara ini.

Oh ya, saus lada hitam ini rasanya seperti saus lada hitamnya rice bento KFC. Mirip-mirip lah *grin* 

Bahan:
Bawang merah secukupnya (biasanya orang lain memakai bawang bombay)
1 sdm margarin/minyak zaitun
2 sdm saus sambal atau tomat
1 sdm kecap manis
1 sdm lada hitam bubuk
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
100 ml air
1 sdm tepung maizena/terigu/sagu, encerkan dengan sedikit air.

Cara membuat:
1. Panaskan margarin kemudian tumis bawang yang telah dicacah.
2. Masukkan saus tomat, kecap manis, lada hitam, pala dan garam.
3. Tambahkan air. 
4. Cicipi sausnya. Bila sudah pas, masukkan tepung yang telah diencerkan supaya saus menjadi kental.
Matikan apinya setelah saus mendidih.

No comments:

Post a Comment