Tuesday, November 4, 2014

Bolehkan bersedekah untuk orang lain

Bolehkah bersedekan untuk orang lain? Saya berinisiatif untuk mencari informasi tentang ini karena tepat pada hari ini, nenek saya, yang dulu serumah dengan saya, meninggal dunia di usia sekitar 80 atau 90 an.
Dulu saya hanya mengetahui bahwa kita boleh sedekah hewan kurban di hari raya idul adha untuk orang lain. Lalu bagaiman dengan sedekah lainnya? Saya search dari berbagai informasi dan akhirnya saya menemukan titik terang dari penjelasannya. Mohon maaf saya tidak mencantumkan sumber. Kami bisa search di browser dengan kata kunci "sedekah untuk orang lain".

Saya akan merangkum informasi penting yang saya tangkap dari hasil pencarian saya. Ada beberapa pendapat ulama yang berbeda. Ada yang membolehkan dan ada yang tidak. Saya pribadi meyakini bahwa kita bisa bersedekah atas nama orang lain, dan pahalanya akan sampai kepadanya. Insya Alloh, Wallahualam. 

Sebuah artikel memberikan paparan mengenai hadis-hadis pendukung dan penentang hal ini. Dari seluruh artikel tersebut, saya meyakinin bahwa kita boleh bersedekah atas nama orang lain, seperti halnya kita membayarakan puasa atau hutang orang tua. Jadi, saya berpendapat bahwa saya bisa bersedekah atas nama nenek saya yang telah meninggal. Namun, untuk orang yang telah meninggal, kita tetap lebih dianjurkan untuk mengirimkan doa. Sedekah lebih diutamakan untuk diri sendiri. Adapun doa yang dapat kita panjatkan untuk orang-orang tercinta yang telah meninggal adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, sesungguhnya fulan berada dalam jaminan dan perlindungan-Mu, maka jagalah ia dari fitnah kubur dan siksa neraka. Engkau Maha menepati janji dan Maha Benar, ampuni dan sayangilan ia. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Amin."
 

No comments:

Post a Comment