Saturday, March 24, 2012

Ow, si Tomcat Akhirnya Turut Menyerang..ku

Wow wow, uda lama banget nih aku gak posting. Tanggal 11 kemaren aku wisuda lhoh, hohohoo akhirnya setelah penantian bertahun-tahun :D
Well, temen-temen pasti tau artis dadakan yang namanya Tomcat. Entah kenapa ko dinamain tomcat, bukannya tomcat, ituh si tom, si kucing musuhnya Jerry yah? padahal nama ilmiahnya kan jauh banget dari spelling tomcat, Paederus riparius.


Tepatnya 3 hari kemarin, aku kaget banget pas bangun tidur, aku liat leherku merah-merah gak jelas sebabnya, sekitar 1.5 cm. Rasanya kaya abis tergores, rada perih dikit sih emang, tapi aku liat-liat gak ada luka gores tuh. Tapi udah aku cuekin aja soalnya hari ini ada jadwal tes Wings Group di kampus (maklum, baru lulus, jadi jobseeker ni).

Eh besoknya merah-merah di leherku ko gak ilang-ilang yah. Pagi-pagi bangun tidur aku liat-liat lagi. aku periksa-periksa eh ternyata ko kaya ada satu titik yang rada nggembung kaya ada aernya gitu. Wuoooo…..paniklah diriku. Teringat ulah artis tenar si tomcat ituh. Langsung deh aku browsing ini itu, all about tomcat dah. Aku liat gambar-gambar korban tomcat, eh ternyata ya rada-rada mirip juga sih sama mereah-merah di leherku. Huuuuwww…. Asli bingung deh pas ituh. Apalagi hari ituh aku juga mo ke job fair di unair.

Dari hasil browsing-browsing & tanya-tanya, aku dapet kesimpulan ini nih:

- Tomcat ituh sebenernya gak berbahaya (maksutnya gak menyebabkan kematian), yah tapi bikin masalah kulit yang horor juga sih, hoho

- Tomcat ituh serangga yang hampir punah, so jangan mpe dibasmi sampe abis

- Tomcat ituh sahabat petani, yang mbantu petani ngusir hama wereng

- Tomcat ituh jadi wabah sekarang ini gara-gara predatornya juga hampir punah, konon katanya gara-gara burung-burung yang dilindungi di kampus banyak yang ditembakin pemburu, entah deh yang ini bener ato nggak.

Hari itu juga, sebelum berangkat ke job fair, aku ditemeni kakang mas aku beli salep acyclovir 5 persen. Awalnya aku kira mahal, eh ternyata cuman Rp 4500 aku beli di medical center kampus (kudu bayar soalnya udah bukan mahasiswa lagi, hehe). Kalo serangan di kulitnya uda parah banget, mpe melepuh-lepuh gitu, baiknya langsung periksa ke dokter ajah. Sebagai tambahan, selaen diolesin salep, ada baiknya langsung minum antibiotik sama tablet acyclovir 5 persen juga untuk mempercepat penyembuhan. Kalo aku sendiri sih, merah-merah di leherku tergolong kasus yang ringan, rasanya gak sampe kaya terbakar-bakar & melepuh kaya yang di berita-berita ituh. Leherku cuman merah-merah ajah, setelah 24 jam (tanpa pengobatan apa pun) mulai muncul titik lesi di tengah-tengahnya. Tapi setelah diobatin salep (aku cuman pake salep acyclovir 5 persen), sekarang merah-merahnya uda mulai kering, emang rada berbekas sih kayanya entar. Awalnya hari ini mo ke puskesmas, mo minta tablet acyclovir, tapi gak jadi deh, soalnya uda berangsur sembuh nih. Takutnya malah entar bikin heboh, (mpe mbayangin leher gue difoto-foto wartawan :p) soalnya aku lagi gak di Surabaya nih, lagi di kampung halaman yang belom tersentuh tomcat, hehe.. Kabarnya sih obat-obat semacam ini bisa didapetin gratis di puskesmas. Kalo tau gratis, aku mending ke puskesmas ajah deh :p

No comments:

Post a Comment