Monday, March 26, 2012

Resep cara membuat martabak telor mudah murah ^^

 Guys, berhubung posting contekan aku kemaren yang berisi cara membuat roti maryam laris manis dibaca, so sekarang aku mo share tips resep lagi nih. Sebagai penggila cemilan dan penyuka cooking2 cemilan, hatiku terpanggil buat share tips resep ini untuk kalian sebangsa dan setanah air (lebay :P)

Ceritanya nih, resep martabak telor ini aku dapet dari mama, mama dapet resep ini dari demo masak yang pas diadain di rumah. Aku lupa sih dulu ituh mbak salesnya lagi promosi produk apa, entah panci ato kompor gitu deh. 
Well,, tanpa banyak babibu yuk kita mulai demo masak kita pagi hari ini ^^


Bahan kulit martabak:
- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji/tepung maizena
- garam secukupnya
- Putih telor
- air secukupnya


Campur semua bahan di atas sampai larut. Kalo ditanya berapa ml air yang dipake aku juga nggak tau persisnya. Aku sih biasanya pake kira-kira ajah kalo mo masak. Tambahkan aer sampe campuran encer, persis kaya mo bikin kulit dadar gulung ato kulit lumpia. 


Daripada pake air, aku prefer pake air kaldu daging / ayam, kalo pas ada sih. Bagian telor yang dipake untuk kulit cuman yang putih telornya ajah, ntar sisa kuning telornya dimasukin ke campuran isi martabak ajah. Tapi gak ada larangan juga sih kalo kalian mo masukin kuning telor di kulitnya. Cuman kemaren aku pernah coba masukin kuning telor, rasanya nggak lebih enak daripada cuman pake putih telor. So aku prefer pake putih telornya ajah buat kulitnya.


* Oh iyah, resep ini buat 1 kali resep martabak guys, aku pake pan teflon kira2 diameter 20cm. 


Bahan isi martabak:
- Daun bawang / bawang prei
- Daging sapi / daging ayam, boleh dicincang halus atau dipotong2 kecil-kecil banget
- Garam secukupnya
- Telor 1


Temen-temen bisa tambahin isi martabak sesuka hati. Kalian bisa tambahkan bawang kalo emang suka bawang, pake daging yang banyak juga bisa, pake telor berapa pun juga terserah kalian. Bahan-bahan di atas dicampur smua sebelum dimasak.


Cara Memasak Martabak Telor:


- Tuangkan adonan kulit martabak ke wajan teflon yang uda diolesin margarin sebelumnya, lalu ratakan hingga seluruh permukaan teflon tertutup adonan. Pastika kulitnya ituh nggak bolong-bolong. See guys, caranya persis kaya bikin kulit dadar gulung biasa. Wajan teflon perlu dikasi margarin because aku kuatir ntar kulit martabaknya lengket-lengket pas mo dilipat-lipat.
- Setelah dirasa kulitnya lumayan matang (jangan nunggu gosong, perhatikan kalo sisi-sisi terluar kulitnya mulai mengelupas dari wajan), masukkan campuran isi martabak. Atur sedemikian rupa hingga pas di tengah kulit. 
- Lipat-lipat 4 sisi kulit martabak menjadi bentuk persegi (seperti gambar). Kemudian tambahkan minyak goreng sedikit untuk menggoreng martabak telor. Balik-balikkan martabak hingga matang. 


Selamat mecoba ^^















9 comments:

  1. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. resep pembuatan martabak mesir yang cukup menarik. pasti enak..

    ReplyDelete
  3. Kayaknya enak....pingin coba resepnya

    ReplyDelete
  4. makasi resepnya.,
    menarik untuk dicoba :)

    ReplyDelete
  5. resep kulit martabak nya kok beda.beda ya?

    ReplyDelete
  6. @raka: Ini versi masaknya saya :D

    ReplyDelete
  7. saya prktekin membuat kulitnya yang saya agak gak bisa Sob, kadang ketebelan, kadang gosong, hahaha,,, gak jadi jadi nih martabaknya, begitu jadi, rasanya macem macem :-)

    ReplyDelete
  8. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :
    - Fleksibel
    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara

    Tenda kerucut / sarnafil
    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gr Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
    Tenda jenis ini dapat digunakan
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    ReplyDelete